Home / Militer / Kasdim 1207/BS : Prajurit Apkowil, Panjaga Citra Agkatan Darat

Kasdim 1207/BS : Prajurit Apkowil, Panjaga Citra Agkatan Darat

KBRN, Pontianak – Menindaklanjuti kegitan peningkatan Aparat Komando Kewilayahan – Apkowil terpusat di tingkat Angkatan Darat, Jajaran satuan Komando Kewilayahan, terutama Korem dan Kodim melakasanakan kegiatan ini di wilayah masing-masing, termasuk di Kodim 1207/BS.

Kegiatan ini sangat penting bagi jajarannya yang bertugas di Satkowil, sehingga harus memberikan bekal pengetahuan dan wawasan di wilayah masing-masing. Oleh karenanya kegiatan ini diikuti seluruh Komandan Koramil (Danramil) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah Kodim 1207/BS.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1207/BS Letnan Kolonel Kolonel (Letkol) Infanteri Hardi Darmawan Saat Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kodim 1207/BS Tahun Anggaran 2018 di Makodim setempat, Selasa (18/9/2018) mengatakan, langkah ini dilakukan seiring perkembangan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini sangat dinamis, semuanya berubah ada yang cepat dan ada yang perlahan, tetapi jelas semuanya akan berubah sehingga memerlukan monitoring dan penanganan maupun pengambilan sikap dari setiap Apkowil yang ada.

“Karena kalau tidak, pertama kita selaku Apkowil, menurunkan citra bahwa tindakan Apkowil sebagai prajurit terdepan di lapangan ini sangat berpengaruh dengan citra Angkatan Darat  secara umum. Sebagai contoh satu orang Babinsa kita lihat di suatu Kodim berbuat tercela cepat menyebar sampai ke seluruh tanah air, sehingga jika ada salah aknum Kodim kita berbuat tidak baik pasti diketahui secara cepat oleh prajurit-prajurit di Kodim yang lain melaiu pemetaan, terutama Medis Sosial (Medsos)”, ungkapnya.

Untuk itu Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kodim 1207/BS 2018 yang bertemakan “Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Kita Mantapkan Profesionalisme Apkowil Dalam melaksanakan Pembinaan territorial di Wialayah Kodim 1207/BS ini sebagaimana penekanan dari pimpinan agar seluruh aparat  Satkowil tetap menjaga sikap selaku Apkowil. Penekanan tersebut tertunag dalam satu diantara materi yang diberikan yaitu sikap territorial dari pimpinan yang tidak bosan-bosannya mulai dari mulai masuk Tentara hingga sekarang harus diingatkan kita.

“Ini perlu dilakukan jangan sampai akibat perubahan lingkungan  di tempat kita, kita terpengaruh  sehingga lupa bahwa kita selaku aparat Apkowil harus bersikap sesuai dengan koridor yang sudah ada rambu-rambunya, baik selaku prajurit dalam kegiatan dinas maupun dalam kegiatan kemasyarakatan, semua kita disorot dan dinilai masyarakat” ujarnya.

Sudah semestinya dengan kegiatan Peningkatan Apkowil ini dapat menambah  dan merubah perilaku atau karakter  aparat Satkowil menjadi lebih baik.

About admin

Check Also

Cara Satgas Pamtas Yonif 642 Cegah Ilegal dan Peredaran Narkoba

Sanggau, Kamis (22/10/20) – Guna mencegah terjadinya kegiatan Ilegal dan peredaran Narkoba di wilayah perbatasan. …