Home / Militer / Babinsa Koramil 1207-11 Batu Ampar Kubu Raya Patroli Karhutla

Babinsa Koramil 1207-11 Batu Ampar Kubu Raya Patroli Karhutla

Batu Ampar : Jajaran Kodim 1207/BS hingga ke tingkat Koramil-koramil, terutama yang wilayahnya rawan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan-Karhutla di musim kemarau seperti sekarang terus mengintensifkan petroli Karhutla. Tidak hanya itu Jajaran Kodim 1207/BS sejak beberapa pekan ini juga berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan, baik di wilah kota Pontianak maupun Kubu Raya.

Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya pembakaran hutan dan lahan, karena dampaknya sangat luas di berbagai pihak.

Diwilayah Koramil 1207011/Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya misalnya hingga kini terus melakukan patroli bersama aparat polsek setempat, karena tidak ingin mengambil resiko jika terjadi Karhutla akan menyusahkan semua pihak, terlebih TNI dan Polri.

Bintara Pembina Desa-Babinsa Koramil 1207-11/Batu Ampar Serda Haryatin menjelang keberangkatannya untuk melaksanakan Patroli Karhutla bersama perangkat desa serta tim Karhutla di Batu Ampar, Selasa (14/8/2018) menjelaskan,  dalam patroli ini pihaknya hanya menggunakan peralatan dan perlengkapan seadanya yang dapat digunakan untuk memadamkan api jika menemukan titik api selama patroli.

“Kami sedang melakukan patroli Karhutla, kami sengaja membawa ember untuk mengatasi titik api yang bisa menyebabkan hot spo itu bisa terjadi, jadi kalu ada titik api langsung kita siram, kalau tidak membawa ember kita kessulitan, jadi ada gunanya membawa ember dalam kegiatan patroli itu”, ungkapnya.

Haryatin mengatakan, patroli ini selain perintah dari komado atas juga sudah menjadi suatu keharusan dilakukan di wilayah Batu Ampar, karena wilayahnya memang cukup riskan terjadinya Karhutla, mengingat banyaknya hamparan lahan dan perkebunan sawit.

“Selain melakuan patroli Karhutla, jajaran Koramil bersama Polsek dan aparat desa setempat juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terhadap bahaya membakar hutan dan lahan, karena ancamannya sangat berat 15 tahun penjara hingga denda  Rp 10 miliar”, pungkasnya. Sumber : KBRN (Hermanta).

About admin

Check Also

Kodim 1202/Skw Gelar Karya Bhakti Dalam Rangka Hari Juang TNI AD

Singkawang, Rabu (11/12/19) – Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2019, Jajaran Kodim …