Home / Militer / Danrem 102/Pjg : Jelang Pilkada 2018 Sinergitas TNI-Polri Sangat Diperlukan

Danrem 102/Pjg : Jelang Pilkada 2018 Sinergitas TNI-Polri Sangat Diperlukan

Palangka Raya – Demikian salah satu kesimpulan dalam paparan Danrem 102/Pjg, pada Rapim TNI-Polri tahun 2018 di gedung Bhayangkara Mapolda Kalteng. Rapim dihadiri oleh Gubernur Kalteng yang diwakili Wagub Kalteng, (bertindak sebagai key note speaker), Kapolda dan para pejabat utama Polda serta para Kapolres jajaran, Danrem 102/Pjg didampingi para Dandim jajaran, Danyonif R 631/Atg, Kasirem dan para Dan/Ka Balak Aju Rem, Kajati Kalteng, Kapengti Kalteng, Kabinda Kalteng, Ketua dan komisioner KPUD Kalteng serta Bawaslu.

Dalam awal paparannya, Danrem 102/Pjg, menayangkan video tentang sinergitas TNI-Polri yang sangat inspiratif. Sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018, berlangsung di 171 daerah. Pesta demokrasi ini tentu akan menimbulkan potensi kerawanan dan harus diantisipasi aparat keamanan. Mengingat hampir setiap daerah ada Pilkada, maka sumber daya pengamanan akan terkonsentrasi di wilayah masing-masing.

Terkait hal tersebut, Danrem 102/Pjg, menjelaskan,”Tahun 2018 ini hampir seluruh daerah ada pilkada. Jadi tidak memungkinkan adanya perkuatan dari pusat atau daerah lain. Pengamanan dilakukan oleh aparat setempat. Oleh karena itu perlu dikokohkan sinergitas TNI-Polri di wilayah”,tandasnya.

Selanjutnya Danrem menjelaskan,”Aktualisasi kegiatan perbantuan meliputi tahap persiapan berupa mewujudkan kondisi aman melalui kegiatan intelijen, binter guna mewujudkan ketahanan masyarakat yang mantap, dinamis dan tidak mudah terprovokasi. Tahap pelaksanaan berupa bantuan TNI kepada Polri dalam status BKO, menambah kekuatan Polri, memberi bantuan satuan dengan kemampuan penanggulangan teror, jihandak serta Polisi Militer, bantuan pam obvit dan sentra ekonomi” tandasnya.

Hal yang mendasar dalam kerangka sinergitas ada beberapa syarat sebagai pedoman yaitu kesetaraan, saling membutuhkan, saling memberi tugas, fungsi dan kemampuan kawan. Dengan hal itu maka sinergitas akan utuh. Ungkapnya. (Penrem102/Pjg)

About admin

Check Also

Melalui Karya Bhakti, Satgas Yonif 407 Bangun Kebersamaan Warga Perbatasan

Sintang, Sabtu (28/11/20) – Dalam upaya membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Satgas Pamtas …