Home / Militer / Kebersamaan TNI-Rakyat, Inti Kekuatan Sistem Pertahanan Semesta TNI

Kebersamaan TNI-Rakyat, Inti Kekuatan Sistem Pertahanan Semesta TNI

Kubu Raya : Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang meilbatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat sebagaimana tema HUT TNI ke-72 yakni “Bersama Rakyat TNI Kuat” adalah inti dan pusat kekuatan  dari sistem pertahanan semesta yang dianut TNI.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo  dalam amanatnya yang dibacakan Irdam XII Tanjungpura saat Upacara Peringatan HUT TNI ke-72 di Lapangan Makodam XII TPR, Kamis (05/10/2017) menyatakan,  hal itu merupakan esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar ditengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis.

“Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola fikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat  menjaga dan melindukngi Negara Kesatuan republik Indonesia”, harapnya.

Lebih lanjut Irdam mengatakan selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui operasi militer untuk perang-OMP maupun operasi militer selain perang-OMSP telah dilakukan melebihi panggilan tugas.

“Tugas-tugas tersebut merupakan refleksi prestasi dan kinerja optimal yang dipersembahkan  TNI kepada rakyat Indonesia”, tegasnya.

Atas dasar itulah TNI  senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa dalam rangka  meningkatkan ketahan masyarakat dan ketahanan nasional.

Dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan pada tahap sebelumnya menuju pencapaian pembangunan postur ideal, maka pembangunan kekuatn TNI terus dilakukan. Pembangunan pulau terluar yang tersentuh dan bersifat strategis merupakan bagian dari kebijakan pembangunan kekuatan TNI  yang dijadikan pedoman guna mendukung  pelaksanaan tugas pokok dan perannya sebagai alat pertahanan negara.

“Mengenai kesejahterana prajurit sendiri, pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI  melalui peningkatan penghasilan dalam program remunerasi, termasuk perumahan yang diwujudkan dalam rumah susun maupun perumahan non dinas melalui KPR”, jelasnya.

Bibagian lain Kepala penerangan Kodam-Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf. Tri Rana Subekti menyatakan kekuatan TNI ini tidak terlepas dari dukungan seluruh komponen masyarakat,  sebagaimana tema Hut TNI ke-72 “Bersama Rakyat TNI Kuat” mengandung arti yang bernar-benar mendarah daging dan nafas bagi prajurit sebagai kekuatan yang dahsyat.

“Sementara rangkaian kegiatan yang telah dilakukan TNI di jajaran Kodam XII/Tpr, Lantamal XII Pontianak dan Lanud Supadio baik di Makodam maupun di luar Makodam, seperti bersih-bersiah rumah ibadah (Masjid, Gereja dan Kelenteng), bazar murah, Pengobatan Masal, Pelayanan KB, Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA),  donor darah, lomba senam Meumere dan pameran Alat Utama senjata-Alutsista”, ujar Kapendam. Sumber : rri.co.id

About admin

Check Also

Babinsa Kebong Kampanyekan Gerakan 3M di Wilayah Wisata Bukit Kelam

Sintang, Rabu (25/11/20) – Dalam upaya pencegahan Covid-19 di wilayah binaan. Babinsa Kebong, Koramil 1205-19/Kelam, …