Home / Militer / 200 Karateka Ramaikan Piala Dandim 1205/Sintang

200 Karateka Ramaikan Piala Dandim 1205/Sintang

Sintang – Kejuaraan Karate Pelajar Terbuka Kabupaten Sintang 2017 Piala Dandim 1205/Sintang, Jumat (29/9) di Aula Makorem 121/Abw Jalan Pangeran Kuning ramai peserta. Sedikitnya 200-an lebih karateka ambil bagian di kelas yang dipertandingkan.

Kepela Seksi Logintik (Kasilog) Korem 121/Abw Kolonel Kav Josafath M.R.Duka yang juga sesepuh Karateka ini menyebutkan kejuaraan tersebut berlangsung selama tiga hari dimulai dari hari ini. ‘’Kejuaraan ini dilaksanakan mulai tanggal 29 -31Oktober 2017,’’ ujar Kasilog Korem.

Dia tidak menyangka apabila pesertanya membludak hingga dari kabupaten tetangga baik itu Melawi maupun Sekadau ,menurutnya diluar dugaan Piala Dandim 1205/Sintang hingga terdengar oleh peserta dari luar daerah Kabupaten Sintang. “Apresiasi yang tinggi, saya tidak menyangka pesertanya hingga ratusan orang, saya pikir hanya dalam kota Sintang saja ternyata banyak juga peserta dari luar Sintang, ”ujar Josafath.

Lanjut dia olahraga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kwalitas SDM Khususnya membangun mentalitas dan jasmani, sebab itu dalam raga yang kuat terdapat raga yang kuat juga.

‘’Olah raga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kwalitas SDM. Khususnya membangun mentalitas dan jasmani. Sebab, didalam raga yang kuat terdapat jiwa yang sehat. SDM yang sehat dan kuat akan mampu mendukung keberhasilan pembangunan daerah. Makanya, kita TNI setempat juga ikut berusaha mendorong perkembangan dunia olah raga,’’ ujarnya.

Selain itu, dia juga berharap melalui kejuaraan karate ini akan melahirkan karateka muda berbakat dan berprestasi. Sehingga para karateka ini dapat dibina untuk terus mengukir prestasi yang dapat mengharumkan nama daerah. ‘’Para karateka yang mengikuti kejuaraan karate ini dapat bertanding dengan semangat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas,’’ tuturnya.

Dia sebagai sesepuh menyampaikan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya kejuaraan ini. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat pada penjaringan atlet-atlet berpreatasi di Kabupaten Sintang dalam mengikuti kejuaraan pada jenjang berikutnya. “Kejuaraan seperti ini sebagai wujud kepedulian kita pada pembinaan generasi muda sehingga memiliki kemantapan karakter dan kualitas sebagai generasi penerus bangsa,” ujar Kasilog Korem.

Tampilan mereka pun dinilai oleh tim dewan juri yang sengaja didatangkan dari Forki Provinsi Kalbar diantaranya Sense Mauludin Sense Wahyono, Sense budiono,Senpai David yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Forki Prov Sense Hatta Yurli. Dan Ket Harian Stefanus Paiman.

Dalam kriteria penilaian peserta dituntut untuk Penghayatan terhadap kata yang dimainkan, Spider  Pawer, Irama pernapasan, dengan Waktu yang diberikan masing-masing peserta 5 menit. Kelas yang dipertandingkan mukai dari Yunior Cadit, usia pra pemula,pemula,dini. Hal ini diterangkan Ketua Panitia Piala Dandim 1205/Sintang 2017 tersebut Serma Masodi.  Sumber : rri.co.id

About admin

Check Also

Pangdam XII/Tpr : Jadikan Pilkada Serentak Kalbar, Role Model Daerah lain

Pontianak, Kamis (17/9/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menghadiri Silaturahim Kamtibmas …