Home / Militer / Film G 30 G PKI Juga Diputar Hingga di Koramil Koramil

Film G 30 G PKI Juga Diputar Hingga di Koramil Koramil

Kubu Raya : Film penumpasan pengkhianatan G 30 S PKI yang diputar kembali dengan format nonton bareng yang difasilitasi TNI, masih diputar disejumlah kesatuan TNI, termasuk di jajaran Koramil 1207-07/BS Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Komandan Koramil 1207-07 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya dalam sambutannya yang dibacakan Bintara Pembina Desa-Babinsa Pal Sembilan Sersan Kepala-Serka Solihin menjelang pemutaran film G 30 S PKI di Koramil setempat Jumat (22/09/2017) mengingatkan kepada siswa siswi SMP dan SMA sekolah Al-Mizan bahwa Indonesia pernah punyai sejarah kelam pada tahun 1965 yang dikhianati dengan Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan G 30 S PKI yang ingin merebut kekuasaan dari pemerintahan Indonesia yang sah.

“Pada saat itu  berhubung Presiden pertama Bung Karno sedang sakit akhirnya memberikan mandat kepada jenderal Surharto untuk menangani pemerintahan, dan akhirnya terjadilah peristiwa 30 september 1965 jam 3 Subuh terjadi pembantaian terhadap tujuh Jenderal  TNI Angkatan Darat yang kemudian dimasukkan ke dalam Lubang Buaya” , papar Serka Solihin.

Selanjutnya dijelaskan Solihin, pada tanggal 1 Oktober 1965, Jenderal Suharto beserta pasukannya memberikan bantuan mengevakuasi korban kekejaman dan kebiadaban PKI.

Tentu saja dengan diputarkannya film G 30 S PKI ini sebagaimana ajakan Panglima TNI yang ingin mengajak bangsa Indonesia untuk tidak melupakan sejarah kelam dan mencegah terulang kembali kekelaman tersebut. Selain itu tujuannya adalah bukan untuk mendiskreditkan, tetapi peristiwa tersebut agar diketahui generasi muda untuk tidak terprovokasi  dan terpecah-pecah lagi.

Solihin berharap dengan melihat dan memahami peristiwa tragis  G 30 S PKI ini generasi muda tidak akan terjerumus ke dalam faham yang tidak sesuai  dengan Pancasila. Intinya kejadian kelam yang pernah terjadi di tahun 1965 jangan sampai terjadi lagi dimasa sekarang maupun yang akan datang.

“Pemutaran film Pengkhianatan PKI ini di sekasikan sebanyak 700 siswa-siswi SMP dan SMA ditambah 15 personil Koramil 1207-07/BS Sungai Kakap, satu personil Babinkamtibmas serta sekitar 15 orang masyarakat setempat” , pungkasnya. Sumber : rri.co.id.

About admin

Check Also

Ada 52 Indikator dan 3 Indeks Ketahanan Dalam Mewujudkan Desa Mandiri

Pontianak, Rabu (16/10/19) – Pangdam XII/Tanjungpura diwakili Perwira Staf Ahli (Pasahli) Pangdam XII/Tpr Bidang Ideologi …