Home / Militer / Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru, Kasrem 102/Pjg Berikan Materi Nilai Kebangsaan

Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru, Kasrem 102/Pjg Berikan Materi Nilai Kebangsaan

Palangka Raya – Dalam upaya meninkatkan nilai-nilai nasionalisme dalam kesatuan dan keberagaman, sekaligus memperkuat karakter bagi mahasiswa Baru baik di Fakultas Teknik, Fisipol, Hukum dan FKIP Universitas Palangka Raya (UPR). Rektorat UPR melaksanakan kegiatan pendidikan karakter Senin (28/08).

Hadir dalam kegiatan, Danrem 102/Pjg yang diwakili Kasrem Letkol. Cav. Enda Mora Harahap, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Bambang S. Laut, Dekan Fakuktas Teknik, Fisipol, Hukum dan FKIP, Para Pembantu Dekan Fakultas Teknik, Fisipol, Hukum dan FKIP bidang Kemahasiswaan, Humas UPR, Kasiter Rem 102/Pjg, Kapenrem, mewakili BEM Fakuktas, Mahasiswa baru 1300 orang.

Kasrem 102/Pjg Letkol.Cav.Enda Mora Harahap dalam sambutannya menjelaskan, di era sekarang ini, suatu negara akan menghancurkan negara lain tanpa menggunakan senjata serta terjun langsung, akan tetapi cukup melalui peran pihak lain atau dikenal dengan proxy war.

“Medianya beragam seperti penciptaan konflik antar elit politik di pemilukada, konflik Sara, isu agraria/pertanahan, isu kesenjangan sosial dll. Tanpa disadari antar tokoh yang berpengaruh bertikai satu sama lain.” Jelas Enda Mora Harahap.

Menghadapi situasi demikian ujarnya, mahasiswa sebagai pemegang estafet kepemimpinan negara di masa datang harus membekali diri dengan pengetahuan dan pengalaman, yang akan membentuk karakter yang kuat.

Bekal yang dimaksud diantaranya pertama IQ (Intelligent Quotient) hal yg diperhatikan adalah pahami persimpangan dalam hidupmu, pahami apa yang harus dilakukan, serius-fokus dalam meraih prestasi. Kedua AQ (Adversity Qoutient), Yakin anda adalah pemenang, menikmati kegagalan dan mengambil manfaat, yakin bahwa sukses adalah bangkit setelah gagal.

Ketiga, EQ (Emotional Quotient). Hal yang diperhatikan adalah buat rencana hidup dan jadikan pengingat dan motivasimu, koleksi inspirasi dari kesuksesan orang lain. Terakhir kempat yakni SQ ( Spiritual Quotient), kekuatan doa, kualitas ibadah yang tinggi, doa dan restu orang tua, selalu bermanfaat bagi orang lain, pahami tujuan hidupmu.

“Kuncinya fokus dan belajar terus menerus. High IQ – focus on the right time.Yang merusak fokus genarasi muda saat ini adalah Media Sosial (Medsos.red) yang tidak mengenal waktu. Akhirnya kecanduan, kualitas komunikasi keluarga rendah, dan social skill rendah. Saya berpesan ke generasi muda, jauhi narkoba, jangan mudah dihasut, jaga persatuan dan persatuan. Ingat masa depan Indonesia ada di tangan generasi muda.” Tutupnya. Sumber : menaranews.com

About admin

Check Also

Babinsa Kebong Kampanyekan Gerakan 3M di Wilayah Wisata Bukit Kelam

Sintang, Rabu (25/11/20) – Dalam upaya pencegahan Covid-19 di wilayah binaan. Babinsa Kebong, Koramil 1205-19/Kelam, …