Home / Militer / Sukseskan Program KB, Kodim 1016/Plk dan BKKBN Adakan Pencanangan Bhakti KB

Sukseskan Program KB, Kodim 1016/Plk dan BKKBN Adakan Pencanangan Bhakti KB

Palangka Raya – Permasalahan kependudukan dan kesejahteraan keluarga merupakan masalah nasional, dan ini juga terjadi di Kalimantan Tengah. Pokok permasalahan bukan hanya pada faktor kuantitas atau jumlah, namun banyak di tentukan oleh faktor kualitas penduduk dan keluarganya.

Menyikapi permasalahan tersebut, TNI melalui Kodim 1016/Palangka Raya bekerjasama dengan Badan Kependudulan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi, Kabupaten dan Kota melaksanakan kegiatan TNI Manunggal KB-Kesehatan (TMKK) Tahun 2017 dengan pencanangan Bhakti KB di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Rabu (23/08),  di Lapangan Baras Ngahai, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas.

Ribuan masyarakat antusias mengikuti pelaksanaan kegiatan tersebut, pasalnya, kegiatan Bhakti KB dirangkai dengan berbagai macam kegitan sosial seperti pelayanan KB Gratis, Pelayanan Kesehatan seperti pengobatan gratis, pembagian Kelambu, pemberian makanan tambahan bagi Anak-anak SD, Pembagian Pamflet.

Selanjutnya pembagian bantuan stimulan Kepada para Usia Lanjut sebanyak 10 paket, Pemberian Alat Bantu bagi penyandang disabilitas sebanyak 9 buah berupa Kursi Roda. Untuk Kaki Lumpuh. Tongkat Ketiak bagi Kaki Sebelah Kurang Berfungsi. Tongkat bagi mata Rabun, alat dengar bagi orang yang kurang jelas Pendengarannya.

Tidak hanya itu kegiatan ini juga dirangkai dengan peresmian 13 Kampung KB yaitu Desa Sei Antai, Desa Tangki Rahuyan, Desa Tumbang Oroi, Desa Rangan hiran, Desa Karetau Sarian, Desa Hujung Pata, Desa Tewai Baru, Desa Dahian Tambuk, Desa Tumbang Mayangan, Desa Upun Batu, Desa Tumbang Tangkoi, Desa Bereng malaka, Desa Tumbang Lapan, yang ditandai dengan pemberian sertifikat Kampung KB untuk 13 Desa Kampung KB. Se-Kabupaten Gunung Mas.

Berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan tersebut, Dandim 1016/Palangka Raya, Letkol Czi. Alfius Navirinda menyampaikan, pencanangan Bhakti KB ini juga sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU antara Panglima TNI dengan Kepala BKBN Pusat, Khususnya tentang pelibatan Unsur TNI dalam kegiatan program KB di Indonesia.

“Pencanangan TNI manunggal KB-Kesehatan Ini diharapkan dapat mensukseskan program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan masyarakat sehat,” jelas Alfius Navirinda.

Pelaksanaan pencanangan Bhakti KB 2017 ini lanjutnya lagi, bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kondisi sumber daya manusia Indonesia yang potensial untuk membangun Bangsa Indonesia Khususnya Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebagai realisasi dari Bhakti TNI tambahnya lagi lebih dalam, maka seluruh Jajaran  Kodim 1016/Plk.yang berkoordinasi dengan SKPD KB di Masing -masing Kab/Kota serta Instansi/ pihak lain dalam rangka Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Program KB antara lain melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi KB.

“Oleh karena Itu, melalui berbagai kegiatan tersebut, saya mengharapkan target pencapaian sasaran yang diembankan kepada setiap Koramil Jajaran Kodim 1016/Plk, dapat memperoleh hasil yang maksimal dengan tetap mengedepankan metode komunikasi sosial yang baik dengan memberikan pengetahuan yang cukup untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang program-program KB dan kesehatan sendiri,” paparnya kembali.

Dirinya berharap, kerjasama ini dapat dilaksanakan secara terus menerus antara BkkbN Provinsi, Kota dan Kabupaten dengan Jajaran Kodim 1016/Palangka Raya, serta terus mendapatkan dukungan penuh dari seluruh warga masyarakat, sehingga terwujud keterpaduan antara Pemerintah, TNI dan Masyarakat dalam mewujudkan percepatan peningkatan kualitas kependudukan dan KB Nasional menuju pencapaian MDGs (Milenium Development Goal) Tahun 2017. Serta pencapaian tujuan pembangunan nasional yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur.  Sumber : menaranews.com

About admin

Check Also

Lantik 550 Prajurit TNI AD, Pangdam XII/Tpr : Pegang Teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit

Singkawang, Kamis (24/9/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad melantik sebanyak 550 …