Home / Militer / Angkat Budaya Lokal, Korem 102/Pjg Lakukan Bhakti Sosial dan Susuri Sungai

Angkat Budaya Lokal, Korem 102/Pjg Lakukan Bhakti Sosial dan Susuri Sungai

Palangka Raya – Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 Tahun 2017 tidak hanya d isi dengan kegiatan-kegiatan perlombaan dan olahraga saja oleh Korem 102/Pjg, akan tetapi, diisi dengan beberapa kegiatan yang mengangkat budaya dan kearifan lokal, khususnya kehidupan masyarakat pinggiran sungai Kota Palangka Raya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Korem 102/Panju Panjung bekerjasama dengan Polda Kalteng, Pemerintah Provinsi Kalteng, dan Pemerintah Kota Palangka Raya, merupakan kegiatan kali pertama dilakukan di Kalteng.

Tidak hanya pada aspek kebudayaan saja yang dimunculkan, akan tetapi pelayanan kepada masyarakat juga diselenggarakan seperti kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis, pelayanan KB, pembagian sembako, dan pemberian susu kepada anak-anak.

Pantauan di lapangan, kegiatan Susur Sungai diikuti Danrem 120/Panju Panjung, Kolonel Arm. M. Naudi Nurdika beserta jajaran, Kapolda Kalteng, Brigjen Pol. Anang Revandoko beserta jajaran, Sekda Provinsi Kalteng M. Mugeni beserta jajaran, dan Walikota Palangka Raya yang diwakili.

Susur Sungai dimulai dari lokasi Flamboyan Bawah menuju Kelurahan Tumbang Rungan melalui jalur sungai dengan menggunakan sekitar lebih kurang 13 perahu baik kecil maupun besar. Selain menikmati pemandangan pinggiran Sungai Kahayan, kegiatan juga diwarnai atraksi jajaran TNI dan Polri, serta Dinas Pehubungan Kota dengan menggunakan perahu ketika di perjalanan.

Ketua RW 1 Kelurahan Tumbang Rungan, Udey menyambut baik kegiatan yang sudah dilaksanakan, apa lagi adanya pengobatan gratis, pembagian sembako dan lain sebagainya merupakan kali pertama dirasakan oleh masyarakat untuk tahun ini.

“Kalau kegiatan yang lain sih sering, tapi kalau kegiatan seperti ini jarang sekali. Kita berharap kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan hari ini saja, tetapi dilakukan di hari-hari yang akan datang,” ujar Udey, Senin (14/08).

Ke depan dirinya berharap, dengan adanya kunjungan para pejabat ke Tumbang Rungan bisa lebih memperhatikan situasi dan kondisi yang ada seperti pembenahan sekolah dan lain sebagainya.

Mengenai kegiatan yang sudah dilaksanakan, Komandan Korem 102/Panju Panjung Kolonel Arm. M. Naudi Nurdika dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan Susur Sungai serta Bhakti Sosial diharapkan dapat berkelanjutan di kemudian hari.

“Kegiatan ini juga merupakan rangkaian memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72. Di dalam kegiatannya juga ada rangkaian Kegiatan Polda Kalteng seperti ‘Ekspedisi Merah Putih.’ sarannya ke depan juga bisa menjadi agenda tahunan,” jelas Naudi Nurdika.

Ia menjelaskan kembali, sungai memberikan sumber kehidupan bagi masyarakat yang ada, selain manfaatnya sebagai sarana transportasi sehingga disarankan kepada pemerintah daerah baik Provinsi maupun Kota mengadakan kegiatan ini setiap tahun. Sumber : menaranews.com

About admin

Check Also

Cegah Genangan Air, Koramil Mandor Gotong Royong Bersihkan Drainase

Landak, Minggu (29/11/20) – Mencegah meluapnya air sehingga tidak menggenangi jalan raya, personel Koramil 1201-08/Mandor …