Home / Militer / Lanud Supadio jadi Home Base Pasukan Pemukul Reaksi Cepat

Lanud Supadio jadi Home Base Pasukan Pemukul Reaksi Cepat

Kubu Raya – Pelaksanaan gladi resik latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) di Kepulauan Natuna, 6 pesawat CN, 4 CN 295 dan 2 CN 235 milik Skadron Udara 2, landing di Pangkalan Lanud Supadio beserta personel penerjunnya, Rabu (17/5/2017).

Dalam latihan operasi PPRC melibat tiga matra TNI AU, AD dan AL dengan sejumlah alutsistanya. Seluruh pasukan, mengasumsikan bahwa latihan ini merupakan operasi sebenarnya. Sehingga mereka harus bisa mengutamakan safety dan menggunakan kemampuan diri dari latihan.

Danlanud Supadio Marsma TNI Minggit Tribowo mengatakan latihan pprc ini agend rutin TNI. Dalam gladi resik, 6 pesawat CN jenis 235 dan 295 tiba. Lanud Supadio sebagai home based dalam melaksanakan latihan PPRC.

“Rangkaian operasi PPRC ini dipusatkan di Natuna melibat satuan tugas dari TNI AU, AL dan AD. Juga keterlibatan beberapa jenis pesawat. Hari ini gladi resik untuk semua kegiatan latian PPRC di Natuna. Dengan sejumlah rangkan operasi, yakni serangan langsung dan bantuan tembakan udara,” kata Danlanud.

Danlund menjelaskan Lanud Supadio menjadi home based dari pesawat CN 235 dan 295 Skadron udara 2. Untuk melaksanakan latihan, nantinya di Natuna. Sedangkan untuk pesawat tempur jenis Hawk sendiri, digeser ke Natuna hingga pelaksanaan latihan PPRC nantinya selesai.

“Sejumlah rangkaian dalam operasi PPRC diantaranya melakukan penerjunan dari pasukan untuk merebut pangkalan dan serangan. Tidak hanya pasukan untuk merebut pangkalan, paskhas tapi juga pasukan khusus kemudian pasukan KDOL, pasukan untuk pengintai amfibi dari Angkatan Laut (AL),” tuturnya. Sumber : http://pontianak.tribunnews.com

About admin

Check Also

Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan, Gugus Tugas Tebas Jaring 117 Warga

Sambas, Rabu (23/9/20) – Penegakan disiplin protokol kesehatan terus dilakukan guna memutus mata rantai Covid-19 …