Home / Militer / Amalan yang Pertama akan Dihisab Adalah Shalat

Amalan yang Pertama akan Dihisab Adalah Shalat

Kubu Raya,  Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura menggelar Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1438 Hijriyah di Masjid Nurul Ikhlas Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Ali Anyang No. 1 Sungai Raya, Kubu Raya Kalbar.

Tema Isra’ Mi’raj kali ini “Dengan Hikmah Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW Kita Mantapkan Keimanan dan Ketakwaan Guna Meningkatkan Loyalitas, Moralitas dan Integritas sebagai Landasan Moral dalam Mewujudkan TNI yang Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat”, dengan penceramah Ustadz Drs. H. Ahmad  Jawani, M.A. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya.

Sebelum ceramah hikmah peringatan Isra’ Mi’raj dilakukan pembacaan ayat suci Al Qur’an Surah  Al Isra’ ayat 1 oleh Taufik Akbar peraih Juara 1 qori tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Dengan peristiwa besar Isra’ Mi’raj dapat dIpetik pelajaran dan hikmah, diantaranya adalah shalat. “Ibadah  shalat yang kita kerjakan sebagai momen yang tepat bagi kita untuk berhubungan langsung dengan Allah SWT, mengadukan segala persoalan hidup dan menjadi tameng bagi setiap kemungkaran. Sebagaimana Allah SWT menegaskan dalam Al-Quran, bahwa shalat itu dapat mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar” dikatakan Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Ahmad Supriyadi dengan membacakan sambutan Pangdam XII/Tpr, Rabu (26/04/2017).

Pangdam XII/Tpr mengharapkan kepada seluruh Prajurit, PNS yang beragama Islam dan keluarganya agar senantiasa berupaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran dalam menjalankan ajaran islam. Dengan demikian prajurit Kodam XII/Tpr akan dapat menjadi contoh dan tauladan bagi keluarga dan masyarakat di sekitarnya sehingga bermuara pada terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat.

Sementara itu Ustadz Drs. H. Ahmad Jawani, M.A dalam ceramah Hikmah Peringatan Isra’ Mi’raj menjelaskan bahwa keutamaan shalat bagi umat Islam yang merupakan perintah langsung dari Allah SWT disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW pada peristiwa Isra’ Miraj. “Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya”, tegas Ustadz Jawani.

Diakhir ceramahnya Ia mengingatkan Prajurit dan keluarga besar Kodam XII/Tpr untuk menjaga shalat lima waktu karena shalat merupakan amalan untuk mendekatkan hamba dengan Dzat yang paling diperlukan dalam menyelesaikan permasalahan hidup. “Maka, marilah kita jangan sampai lalai sedetik pun dan Jangan pula terburu-buru dalam melaksanakan shalat. seakan – akan tidak ada manfaat padanya karena dengan shalat itulah akan mendatangkan pertolongan Allah SWT” tukasnya.

Hadir pada peringatan Isra’ Mi’raj tersebut Irdam XII/Tpr, para Perwira Staf Ahli Pangdam XII/Tpr, Lo AU, Para Asisten Kasdam XII/Tpr, para Kabalakdam XII/Tpr, enam ratus Prajurit dan PNS serta ibu-ibu Persit Kodam XII/Tpr yang ada di Wilayah Garnizun Pontianak.

About admin

Check Also

Lantik 550 Prajurit TNI AD, Pangdam XII/Tpr : Pegang Teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit

Singkawang, Kamis (24/9/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad melantik sebanyak 550 …