Home / Militer / Pemkab Sanggau Jemput Bola Beli Gabah Petani

Pemkab Sanggau Jemput Bola Beli Gabah Petani

Sanggau – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, John Hendri, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa bersama Kepala Gudang Perum Bulog Sanggau, Rama, Jemput bola untuk membeli gabah (padi) petani di Dusun Darok, Desa Bantai, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau, Rabu (26/4/2017).

“Ini baru pertama kali kita membeli gabah petani, target kita di desa Bantai ini sebanyak 7 ton gabah, ” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Perikanan Kabupaten Sanggau, John Hendri.

Dikatakanya, begitu petani menjual gabah, dari pihak Bulog Sanggau yang membeli, langsung dilakukan pembayaran ditempat, untuk mempermudah petani menjual hasil panen. “Jadi petani tidak perlu lagi sibuk untuk ke Sanggau menjual gabah, kita yang jemput bola untuk membeli langsung ke tangan petani dan langsung dibayar juga. Seperti sekarang ini mobil sudah disiapkan untuk angkut gabah petani, ” ujarnya.

Hendri menambahkan, saat ini sudah empat Kecamatan yang siap untuk menjual gabah, diantaranya Kecamatan Noyan sebanyak 15 ton, Kecamatan Tayan Hilir (Tebang Benua) sebnayak 14 ton, Beduai untuk saat ini yang dilapor 4 ton dan kecamatan Bonti, desa Bantai 7 ton. “Untuk Noyan rencana tanggal 3 Mei kita jemput bola ke sana, yang lainya diatas tanggal 3, ” ujarnya.

Hendri memastikan, kecamatan yang lain juga memiliki peluang untuk penjualan gabah. “Target kita semua Kecamatan suplai gabah, tahun 2017 target gabah kita 955 ton, ” jelasnya. Untuk itu, ia berharap, agar petani bersedia untuk menjual hasil panen atau gabah, minimal 20 persen dari hasil panen petani. Karena Kabupaten Sanggau memang surplus beras. Sumber : pontianak.tribunnews.com

About admin

Check Also

Jalin Kerjasama, Pangdam XII/Tpr Terima Kunjungan KPID Kalbar

Kubu Raya, Selasa (15/10/19) – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menerima kunjungan dari …