Home / Militer / TMMD Ke-98 Lembah Bawang Akan Perlancar Akses Transportasi Desa

TMMD Ke-98 Lembah Bawang Akan Perlancar Akses Transportasi Desa

Bengkayang, Bupati Bengkayang Suryadman Gidot membuka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 Tahun 2017 yang dipusatkan di Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang, Rabu (05/04/2017).

Dalam amanat yang dibacakan Bupati Bengkayang Suryadman Gidot mengucapkan terima kasih kepada TNI yang terus bersama-sama rakyat untuk membangun wilayah Bengkayang, khususnya di Kecamatan Lebah Bawang.

Dia berharap melalui kegiatan ini, banyak fasilitas-fasilitas yang bisa dibangun TNI bersama-sama rakyat sehingga bisa banyak manfaat yang masayarakat rasakan. “Ini merupakan upaya percepatan untuk mendorong kampung/desa yang memang infrastrukturnya masih sangat tidak baik. “unjarnya.

Disamping itu, dia juga sangat mengharapkan partisipasi dan dukungan dari masyarakat. Tanpa adanya dukungan dari masyarakat maka Pemda, TNI dan Instansi terkait lain tidak akan bisa bekerja dengan maksimal.

Maka dari itu, mari kita dukung kegiatan TMMD ini agar bisa berjalan tepat waktu, dan pada akhirnya hasilnya hasil yang didapat bisa bermanfaat bagi kemajuan masyarakat khususnya di beberapa desa yang ada di Kecamatan Lembah Bawang,”pintanya.

Dalam kesempatan itu, Dandim 1202/Singkawang Letkol Czi Darody Agus SE, mengatakan sebanyak 200 personil terlibat dalam kegiatan TMMD. “150 dari TNI dan 50 dari masyarakat,”kata Dandim 1202/Skw. Sedangkan target penyelesaian kegiatan ini akan dilakukan selama satu bulan. Mengingat secara keseluruhan ada delapan jembatan yang perlu diperbaiki, yakni dua rehab dan enam bikin baru.

Melalui program TMMD ini, kami berusah untuk memperbaiki segala infrastruktur yang rusak supaya nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat, sehinggaa akses untuk menuju ke kampong-kampung mereka bisa berjalan dengan lancar, ujarnya.

Dirinya juga meminta kepada masyarakat untuk menyadari, bahwa setiap jembatan mempunyai tonase masing-masing. Artinya, tidak semua jembatan akan diperlakukan sama,”ungkapnya.

Sementara Kabag Pemdes Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkayang, Syarifudin menyambut baik dengan adanya kegiatan TMMD di Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang. Karena daerah ini masih terbilang sulit jangkau, yang mana antara desa masih sulit untuk jalur transportasinya, “katanya.

Menurutnya, ada delapan Desa di Lembah Bawang yang sarana transportasinya masih sulit di jangkau.”Padahal delapan desa ini saling berkesinambungan. Dengan sudah bagusnya akses jembatan itu nanti, tentunya dapat memperlancar akses transportasi unjarnya.

Sementara itu, kegiatan TMMD yang dipusatkan di Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang itu, dimulai dari 5 April sampai 4 Mei 2017.

Beberapa kegiatan fisik dan non fisik yang akan dilakukan dalam program TMMD antaralain, perehaban jembatan kayu sebanyak dua unit di Desa Tapan Tembawang dan Desa Lembah Bawang, pembagunan Box sebanyak enam buah, pembangunan badan jalan 5 KM x 5 M di Desa Janyat ke Desa Lembah Bawang, rehab Gereja dua buah di Desa Tapan Tembawang dan Desa Lembah Bawang, dan kegiatan penyuluhan lainya.

About admin

Check Also

Tingkatkan Pengetahuan Hukum, Kodam XII/Tpr Berikan Penyuluhan kepada Prajurit dan PNS

Kubu Raya, Rabu (25/11/20) – Kodam XII/Tanjungpura menggelar kegiatan penyuluhan hukum bertempat di Aula Makodam …