Home / Militer / Kodam XII/Tpr akan Tanam Rasa Cinta NKRI pada Generasi Muda

Kodam XII/Tpr akan Tanam Rasa Cinta NKRI pada Generasi Muda

Cinta NKRIKubu Raya – Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura, Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, mengatakan, dalam menghadapi pengaruh-pengaruh asing yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan akibat dari globalisasi, Kodam XII/Tpr akan menyasarkan penanaman nilai-nilai Kecintaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kepada generasi-generasi muda.

“Kalau di sekolah, mereka menjadi tanggungjawab pihak sekolah, namun di luar jam sekolah, mereka merupakan tanggungjawab dari orang tua, masyarakat, dan TNI untuk menanamkan rasa kecintaan mereka terhadap NKRI,” ujar Kapendam saat ditemui di Media Center Kodam XII/Tpr, pada Selasa (7/3) sore.

Kapedam menerangkan, peran aktif dari orang tua, masyarakat sekitar dan aparat keamanan seperti pihak TNI AD, kepolisian, dan yang lain-lain sangat penting untuk menanamkan rasa kecintaan terhadap NKRI. “Karena dampak dari globalisasi ini akan sangat berbahaya, dan dapat memecah belah persatuan di dalam bangsa kita ini,” terang Kapendam.

Kapendam menjelaskan, kunci untuk menghilangkan pengaruh-pengaruh negatif dari globalisasi adalah pada penanaman rasa cinta terhadap NKRI ke generasi muda. “Karena jika generasi-generasi muda kita kokoh, maka NKRI ini akan menjadi kuat, dan tidak akan mudah untuk terpecah belah akibat dari dampak Globalisasi, dalam menghadapi persaingan. Dan jangan remehkan pengaruh asing,” jelas Kapendam.

Kapendam menilai, sasaran penanaman rasa kecintaan terhadap NKRI akan pihaknya lakukan mulai dari tingkat SMP, SMA, sampai dengan ke perguruan tinggi. “Dari merekalah yang kita harapkan untuk bersama-sama memikirkan bangsa ini, agar tidak mudah terpecah belah, terhadap pengaruh negara-negara asing, yang ingin memecah belah NKRI,” tutup Kapendam.

About admin

Check Also

Motivasi Peserta Pembekalan, Pangdam XII/Tpr : Insan Penerangan Ujung Tombak Pemberitaan Satuan

Kubu Raya, Jum’at (4/12/20) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberikan pengarahan …