Home / Militer / ILO TNI Kota Kinabalu Melakukan Kunjungan Kehormatan Ke Tuan Yang Terutama Yang Di-Pertua Negeri Sabah

ILO TNI Kota Kinabalu Melakukan Kunjungan Kehormatan Ke Tuan Yang Terutama Yang Di-Pertua Negeri Sabah

Ilo(Kinabalu, 8 Pebruari 2017) Dalam rangka membina tali silahturahmi dan untuk meningkatkan hubungan diplomasi antara kedua negara, Perwira ILO TNI Kota Kinabalu, Mayor Kav Jemmy ST. Sitorus melaksanakan kunjungan kehormatan ke Tuan Yang Terutama (TYT) Yang di-Pertua Negeri Sabah, Tun Datuk Seri Panglima (DR) Haji Juhar bin Datuk Haji Mahiruddin di Istana Negeri Sabah, Malaysia, belum lama ini.Ilo1

Dalam kunjungan kehormatan ini, turut mendampingi Perwira ILO TNI adalah Staf LO TNI Sertu Joko Prasetyo dan Staf KJRI Sabah, Yodi Kuswanto dan Laurence Bernadus. Sedangkan di pihak Kerajaan Negeri Sabah turut mendampingi TYTadalah Lt. KolHerman bin Bombang selaku Juruiring Kepada Tuan Yang Terutama Yang di-Pertua Negeri Sabah.

Ilo2Mayor Kav Jemmy ST. SItorus dalam awal pembicaraannya menyampaikan terimakasih kepada pihak Kerajaan Negeri Sabah atas kesediaannya untuk menerima kunjungan kehormatan tersebut, karena kegiatan ini merupakan program kerja ILO TNI di Kota Kinabalu sekaligus ajang untuk memperkenalkan diri secara resmi sebagai Perwakilan Mabes TNIdi Malaysia sekaligus untuk mengenal lebih dekat dengan pihak Kerajaan Negeri Sabah.

Pada kesempatan itu, dijelaskan juga tugas dan fungsi ILO TNI yang ditempatkan di Kota Kinabalu, termasuk bentuk kerjasama apa saja yang dilakukan antara pihak TNI dan TDM yang ada di Sabah ini, ungkap Jemmy.

Menanggapi hal tersebut, Tun Datuk Seri Panglima (DR) Haji Juhar bin Datuk Haji Mahiruddin menyambut hangat kunjungan tersebut. Dan beliau berharap agar kunjungan kehormatan ini dapat mempererat hubungan kerjasama antara kedua negara kedepannya. Acara kunjungan kehormatan tersebut berlangsung cukup hangat, dimana TYT mulai menceritakan masa kecilnya yang dibesarkan oleh keluarga yang cukup sederhana hingga beliau menempuh sekolah hukum sampai ke Inggris dan mendapatkan jabatan sebagai hakim muda di Kota Kinabalu. Namun hal itu tidak berlangsung lama, tambah TYT, karena beliau lebih memilih jalur politik masuk kedalam susunan parlemen (anggota dewan) untuk membangun Sabah menjadi negeri yang lebih baik.

Masih menurut Tun Datuk Seri Panglima (DR) Haji Juhar bin Datuk Haji Mahiruddin, bahwa Yang di-Pertua Negeri Sabah (dahulu dikenal juga sebagai Gubernur Sabah) adalah kepala negara seremonial dari Negara bagian Malaysia, Sabah. Ia ditunjuk oleh Yang di-Pertua Agong berdasarkan saran dari Ketua Menteri. Yang di-Pertua Negeri dipanggil dengan gelar Tuan Yang Terutama (TYT), yang berarti Yang Terhormat.Berdasarkan data,Tun Datuk Seri Panglima (DR) Haji Juhar bin Datuk Haji Mahiruddin  merupakan pejabat yang ke-10 sejak lembaga ini dibentuk pada 16 September 1963.

Dalam akhir diskusi, TYT berpesan “Agar hubungan baik seperti ini terus dijalankan oleh pihak ILO TNI dan pihak Kerajaan Negeri Sabah untuk mempersatukan hubungan negeri serumpun kedepannya nanti”, kata Tun Juhar menutup pembicaraannya. Pada rangkaian kunjungan kehormatan ini, pihak ILO TNI diberikan kesempatan untuk berfoto bersama dengan TYT dan melakukan pertukaran cinderamata sebagai penutup acara.

Autentikasi : Mayor Kav Jemmy Sitorustua Sitorus

About admin

Check Also

Cegah Penyebaran Covid-19, Koramil Entikong Terapkan Protokol Kesehatan Bagi PMI

Sanggau, Minggu (18/10/20) – Dalam rangka adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19, Koramil 1204-21/Entikong …